Pengenalan Jaringan Komputer

Sebuah jaringan komputer adalah sekumpulan komputer dan sekumpulan perangkat hitung lain yang saling terhubung untung berbagi sumber daya.Sumber daya yang paling populer adalah konenksi ke internet. Sumber daya yang lainnya bisa meliputi printer atau file server. Komputer dalam jaringan bisa disebut nodes. Sambungan diantara komputer bisa melalui kabel, yang paling umum adalah kabel Ethernet, atau wireless. Komputer yang tersambung dapat berbagi sumber daya (sharing resource), seperti mekakses internet, printer, dan lain lain. Berdasarkan area cakupannya jaringan kompter memiliki beberapa jenis yaitu :

  1. PAN (Personal Area Network)
  2. Konfigurasi PAN
    PAN sesuai namanya area ini hanya mencakup area seseorang. Contoh yang paling umum adalah jaringan wireless atau nirkabel yang menghubungkan komputer dengan perangkatnya. Hampir semua komputer jika menghubungkan perangkat seperti monitor, keyboard, dll menggunkan kabel. Dikarenakan media kabel yang banyak kekurangan seperti jarak yang tebatas, maka dibuatlah sebuah jaringan wireless jangkauan rendah yang kita kenal dengan Bluethooth.

  3. LAN (Local Area Network)
  4. LAN adalah jaringan yg menghubungkan antar computer dan perangkat lainnya seperti printer tapi hanya mencakup satu bangunan saja seperti sekolah, rumah, warnet, dan sebuah kantor. Biasanya jaringan ini digunakan untuk berbagi sumber daya seperti printer dan bertukar informasi antar computer. Perangkat yang digunakan bisanya Switch, Hub, Wireless Router (Access Point). Standar wireless LAN adalah IEEE 802.11 atau Wi-Fi kecepatannya dari 11 Mbps sampai ratusan Mbps, lalu untuk yang menggunakan kabel tembaga adalah IEEE 802.3 yang biasa disebut Ethernet .

  5. MAN (Metropolitan Area Networks)
  6. MAN adalah jaringan yang mencakup daerah perkotaan. MAN bisa berupa gabungan jaringan komputer beberapa buah sekolah,atau bangunan lainnya. MAN dapat memanfaatkan jaringan TV kabel jenis coaxial atau serat optik. Umumnya MAN dibangun menggunakan topologi Mesh.

  7. WAN (Wide Area Network)
  8. WAN adalah jaringan yang dapat mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Berdasarkan fungsi menjadi dua yaitu :
  1. Client-Server
  2. Jaringan Client-Server terdapat dua peran komputer, ada komputer server sebagai pelayan dan komputer client sebagai pengakses data yang ada di komputer server. Pada model jaringan ini hanya komputer server saja yang bisa melayani, begitu juga dengan komputer client hanya bisa mengakses saja tidak dapat menjadi server.
  3. Peer to Peer (P2P)
  4. Pada jaringan Peer to Peer semua komputer bisa menjadi komputerclient maupun server, Contohnya 2 laptop atau komputer yang terhubung menggunakan kabel model cross.

Referensi

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_area_luas
  • http://study.com/academy/lesson/what-is-a-computer-network-types-definition-quiz.html
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Computer_network
  • Sofana, Iwan. 2011. Teori dan Modul Praktikum Jaringan Komputer. Modula: Bandung
  • S. Tanenbaum, Andrew. J.Wetherall, David. 2011. Computer Networks Fifth Edition. Vrije Universiteit Amsterdam, The Netherlands. University of Washington Seattle, WA. Pearson Education, Inc

Komentar