Pengertian VPN

VPN (Virtual Private Network), merupakan sebuah jaringan privat yang melalui jaringan publik seperti internet. Data yang dikirimkan melalui jaringan VPN sangat terjaga kerahasiaannya karena data yang kita kirim setiap beberapa bit-nya dienkripsi.

Fungsi VPN

  • Confidentially (Kerahasian) data akan terlindungi dan terjaga kerahasiaannya karena adanya enkripsi data.
  • Data Integrity (Keutuhan Data) dengan VPN maka corrupt data (data rusak) dapat dicegah.
  • Origin Authentication (Autentikasi Sumber) VPN melakukan autentikasi pada setiap sumber sumber.
  • Data Encryption (Enkripsi Data) VPN dapat melindungi data dengan enkripsi sehingga sangat sulit diterjemahkan.

Cara kerja VPN

Sumber https://i-technet.sec.s-msft.com

Jaringan VPN seperti kita membuat sebuah terowongan secara privat pada jaringan publik seperti internet agar dapat terhubung dengan jaringan yang lainnya bisa disebut tunelling. paket data yang dilewati terowongan tersebut juga dienkripsi setiap beberapa bit-nya sehingga hanya orang tertentu yang dapat melihat isi paket yang melewati terowongan tersebut (Anonymous Surfing),  sehingga banyak yang bilang VPN dapat membuka situs terblokir.

untuk membuat jaringan VPN dibutuhkan sebuah server VPN yang memiliki alamat IP publik agar server dapat diakses lewat Internet, server tersebut juga terhubung dengan jaringan lokal yang ingin diakses. lalu komputer client dihubungkan dengan server VPN lewat internet, saat komputer client meminta data maka paket permitaan data tersebut dibaca oleh server VPN, lalu server VPN meminta data ke komputer tujuan, lalu saat server VPN menerima data balasan, data balasan tersebut dilanjutkan ke komputer client , data data tersebut juga dienkripsi tiap beberapa bitnya sehingga terjaga keamanannya (Data Encryption).

Contoh 1

Sebuah perusahaan memiliki jaringan lokal (intranet), untuk memudahkan karyawannya mengakses data dari rumah dibuatlah server VPN (IP Public) pada perusahaan tersebut. maka para karyawan dapat mengakses data perusahaan dirumah dengan komputer yang terhubung dengan server VPN lewat Internet.

Contoh 2

Misalnya jika kita memiliki server VPN yang ada di Singapura, lalu kita hubungkan komputer kita dengan server VPN tersebut lewat Internet, maka otomatis komputer kita yang terhubung dengan server VPN tersebut lokasi dan ISP yang terbaca berada di Singapura, karena yang terlihat meminta data adalah komputer server VPN yang ada di Singapura. Sehingga kita dapat membuka situs yang terblokir di Indonesia karena di Singapura tidak diblokir.

OpenVPN

OpenVPN merupakan salah satu aplikasi open-source yang menyediakan layanan VPN server dan client untuk membuat koneksi point to point yang aman . InsyaAllah pada postingan berikutnya saya akan memposting Cara konfigurasi OpenVPN (server Debian).







Referensi

Komentar