Pengertian OSI Layer dan masing masing layernya

Pada kesempatan kali ini saya akan membagi ilmu tentang OSI Layer. OSI (Open System Interconnection) adalah model referensi bagaimana sebuah aplikasi pada komputer dapat berkomunikasi melalui Network atau Jaringan Komputer, OSI Layer merupakan model standar yang mulai dibuat pada tahun 1970 dan dipublikasikan pada tahun 1984 oleh International Organization for Standardization (ISO).
Untuk lebih jelasnya OSI Layer menjelaskan proses/tahapan yang harus dilalalui saat kita mengakses sebuah website, chatting lewat Internet, Streaming Video , mengunduh/men-download , dan layanan-layanan lainnya pada Internet atau Jaringan Komputer. Jadi sebenarnya dibalik cepatnya proses browsing ada banyak tahapan yang harus dilalui. Tahapan-tahapan yang terdapat pada OSI Layer ada 7 layer/lapisan yaitu :
  • 7. Application
  • 6. Presentation
  • 5. Session
  • 4. Transport
  • 3. Network
  • 2. Data Link
  • 1. Physical
Pembagian berdasarkan Upper layer dan Lower layer.
  • Pada layer 5-7 atau Upper layer adalah layer yang berhubungan dengan aplikasi, semakin keatas maka semakin mendekati aplikasi. Layer yang paling tertinggi (Application)
  • sedangankan layer 1-4 atau Lower layer adalah layer yang berhubungan dengan perangkat jaringan Komputer. Semakin kebawah maka semakin berhubungan dengan perangkat fisik.
Penjelasan Masing-masing Layer.
  • 7. Application

  • HTTP merupakan protokol pada layer Application
    Src : http://www.google.com
    Layer Application sesuai namanya layer ini erat kaitannya dengan aplikasi, aplikasi yang dimaksud bukan aplikasi pada umumnya seperti Microsoft Office, Browser, Game Online tetapi yang dimaksud adalah aplikasi layanan-layanan pada Internet seperti Web Server (HTTP), FTP, POP3, dll. pada layer ini User atau Client meminta suatu layanan pada sebuah Server lalu dibuatlah sebuah pesan permintaan yang masih berbentuk Data yang akan dikirim ke Server tujuan, sebelum dikirim Data tersebut akan diproses lagi pada layer berikutnya. Sebaliknya jika ada sebuah Server menerima pesan permintaan dari Client jika Server menerimanya maka Server akan mengirim Data yang diminta oleh Client tersebut, sebelum dikirim Data tersebut juga akan diproses lagi pada layer berikutnya. Layer ini juga disebut layer yang paling terdekat dengan User karena User yang meminta langsung layanan pada layer ini. 
    Contoh sehari-hari :
    Pada saat kita mengakses URL http://www.google.com/ pada browser artinya kita meminta layanan HTTP pada server Google.com, ketika pesan permintaan tersebut sampai dan diterima oleh server Google.com maka server tersebut membalas pesan permintaan tersebut sesuai permintaan kita, ketika sampai pada kita maka di Browser muncul isi dari website Google.com , website itulah isi balasan dari server tersebut. 
    Protokol yang ada pada layer ini :
    HTTP, FTP, SMTP, TFTP, POP3, 
  • 6. Presentation

  • Encryption dan Decryption
    Src : http://blog.emsisoft.com
    Layer ini disebut sebagai layer "Translator" atau penerjemah. saat ada data yang dikirim maka layer ini menerjemahkan format data tersebut dari format yang digunakan aplikasi menjadi format yang digunakan saat pengiriman, atau sebaliknya jika ada data yang datang maka format data tersebut akan diterjemahkan lagi menjadi format yang dimengerti oleh aplikasi. Contoh : 
    • Penerjemahan kode karakter dari ASCII menjadi EBCDIC.
    • Mengkompres data untuk mengurangi jumlah bit agar ukuran data lebih kecil.
    • Enkripsi data untuk tujuan keamanan.

    Contoh sehari-hari : 
    Ketika seseorang membuka facebook maka password yang akan dikirim ke server facebook dienkripsi terlebih dahulu agar aman saat di perjalanan, jika sudah sampai di server facebook maka isi password yang di enkripsi tadi di terjemahkan/ Decrypt agar terlihat apakah password yang dimasukan benar atau tidak.
    Protokol yang ada pada layer ini :
    SSL, JPEG, ZIP, TIFF, PNG 
  • 5. Session

  • layer ini mengatur mekanisme membuka, menutup dan memanajemen sesi antara pengguna dan proses aplikasi. Contohnya seperti menentukan mode operasi half duplex atau full duplex.
  • 4. Transport

  • fungsi Layer Transport memastikan pesan yang dikirim tidak error, tidak hilang dan tidak menjadi ganda (menjadi lebih dari 1).Normalnya pada layer ini dapat menerima pesan yang berukuran besar , tetapi karena layer dibawahnya (Network) membatasi ukuran pesan yang dapat diterimanya maka sebelum berlanjut ke proses berikutnya, pesan yang berbentuk Data akan diubah menjadi Segment atau membagi-bagi pesan menjadi kecil (jika ukuran pesan besar/melebihi bandwidth). setiap Segment memiliki header (ibarat kop surat) layer transport yang berisi informasi seperti protokol Transport yang digunakan (TCP/UDP), nomor urut bagian-bagian pesan agar pesan dapat disatukan kembali saat sampai tujuan. 
    Contoh sehari-hari :
    Proses download merupakan proses penyatuan
    segment-segment pada layer 4.
    Src : http://support.mozila.org

    Ketika mengunduh/mendownload sesuatu pasti ukuran file tersebut sangat besar.saat kita menekan tombol "Download" maka browser akan mengirim pesan permintaan file pada server tujuan, karena ukuran pesan cukup kecil maka pada layer transport hanya akan memastikan pesan tersebut tidak error dan tidak menjadi ganda. lalu saat server menerima pesan permintaan tersebut server mengirim file yang diminta, dan ternyata ukuran file tersebut 700MB dan bandwidth yang tersedia hanya 10Mbps. agar file dapat dikirim, pada layer transport file tersebut dipecah menjadi berberapa Segment, lalu setiap segment diberi nomor urut setelah itu berlajut ke proses berikutnya sampai dikirim. ketika segment file tersebut sampai pada komputer kita, maka pada layer Transport kembali mengurutkan segment-segment file tersebut menjadi satu kembali. Anggap saja progress download pada browser adalah proses penyatuan segment-segment pada layer transport. 
    Protokol pada layer ini :
    Protokol yang sering dipakai antara lain TCP (Transmision Control Protokol) protokol ini biasanya digunakan pada saat browsing web site (HTTP) dan mengirim dan menerima email, keuntungan protokol TCP lebih menjamin data yang dikirim tidak mengganda dan sampai tempat tujuan, jika koneksi terputus/ ada data yang hilang protokol ini dapat mendeteksi kekurangan data tersebut dan mengirim ulang data-data yang hilang tersebut, terdapat proses negosiasi sebelum mengirim data, kelemahannya protokol TCP memakan lebih banyak bandwidth. 
    Game Online biasanya menggunakan protokol UDP
    Src : http://steamcommunity.com

    Selain TCP ada juga UDP (User Datagram Protocol) protokol ini jauh lebih ringan dari TCP sehingga sering digunakan untuk Broadcast atau Multicast. Game Online juga menggunakan protokol UDP , kelebihannya dari TCP seperti lebih ringan, latency mejadi lebih rendah, packet header lebih simpel, dll kekurangan UDP seperti data yang dikirim berantakan, tidak ada proses negosiasi, jika ada data yang hilang maka tidak dapat mengirim ulang kembali. 
  • 3. Network

  • Setelah menjadi Segment masing-masing segment tersebut di bungkus menjadi sebuah paket pada layer ini. Layaknya sebuah paket pada umumnya, paket-paket tersebut diberi alamat pengirim dan penerima  berupa alamat IP, di layer ini sebuah perangkat diberi alamat IP sebagai identifikasi untuk mengirim dan menerima paket, proses Routing terjadi pada layer ini untuk meneruskan paket paket pada tujuan sesuai rute terdekat. 
  • Router
    Src : http://www.cisco.com
  • Router merupakan perangkat pada layer ini yang berfungsi meneruskan paket-paket agar sampai tempat tujuan. 
  • 2. Data Link

  • Switch
    Src : http://www.cisco.com/

    Paket-paket yang sudah diberi alamat pengirim dan penerima, pada layer Data Link paket dibungkus lagi menjadi Frame . lalu Frame ditransfer pada perangkat-perangkat yang masih saling terhubung langsung, Frame tersebut diberi informasi alamat fisik (MAC-Address) pengirim dan penerima Frame tersebut. di layer ini juga mendetiksi kesalahan atau kekurangan yang terjadi pada layer Physical. 
  • Merupakan layer paling bawah pada OSI model , layer ini mendefinisikan bagaimana mendefinisikan angka biner 1 dan 0, berapa voltase jika biner yang dikirim adalah 1 atau 0, bisa dibilang mengatur cara menggunakan perangkat fisik jaringan seperti LAN Card, Wi-FI, modem, dll.

Komentar