Mengendalikan Komputer dari jarak jauh menggunakan Google Chrome

Mengendalikan Komputer dari jarak jauh atau bisa disebut dengan Remote merupakan aktifitas menggunakan suatu komputer akan tetapi tidak langsung pada layar komputer tersebut melainkan pada layar komputer lain yang jaraknya berjauhan melalui Jaringan komputer. Untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat menyediakan jasa tersebut. pada komputer yang ingin diremote maka diperlukan aplikasi sejenis Remote Server pada komputer tersebut, sedangkan pada Komputer yang melakukan remote maka komputer tersebut memerlukan aplikasi sejenis Remote Viewer.
Pada posting ini saya mencoba melakukan aktifitas Remote menggunakan suatu aplikasi yang terdapat pada Web Browser Google Chrome, aplikasi tersebut adalah Chrome Remote Desktop aplikasi ini buatan Google dan dapat berjalan pada hampir semua sistem operasi (Windows, Linux, Mac OS) dan dapat meremote antar komputer meskipun berbeda sistem operasi, untuk mendapatkan aplikasi ini cukup mudah pertama yang paling penting adalah anda harus memiliki Web Browser Google Chrome, setelah anda memiliki Google Chrome pada Web Browser tersebut ketikan chrome://apps pada Address bar atau klik tombol Apps pada Tab Baru.


Lalu buka situs Toko aplikasi Google Chrome.


Lalu cari Chrome Remote Desktop dan Install aplikasi tersebut.

Setelah itu aplikasi Chrome Dekstop sudah dapat digunakan. Untuk menjalankan aplikasi ini dibutuhkan koneksi Internet agar komputer yang ingin diremote dapat diremote melalui Internet.

  1. Mengatur Remote Server (Komputer yang ingin di Remote)
    • Buka aplikasi Chrome Remote Desktop pada chrome://apps
    • akan muncul Jendela aplikasi Chrome Remote Dekstop, pada bagian Remote Assistance klik tombol Get Started. akan muncul 2 tombol, klik tombol Share untuk menjadikan komputer tersebut sebagai Remote Server.
    • Akan muncul pesan bahwa anda harus menginstall aplikasi Remote Server Chrome Remote Desktop, ikuti saja link download aplikasi tersebut maka aplikasi tersebut akan terinstall.
    • Ketika sudah selesai terinstall coba buka kembali Aplikasi Chrome Remote Dekstop dan klik Share untuk menjadikan komputer ini menjadi Remote Server. Maka anda akan mendapatkan PIN untuk meremote komputer tersebut.

  2. Meremote melalui Client
    • Seperti biasa buka aplikasi Chrome Remote Dekstop pada komputer client, lalu klik tombol Access untuk meremote suatu komputer.
    • Ketikan kode PIN Komputer Remote Server yang ingin diremote.
    Maka anda dapat mengendalikan komputer dengan mudah dari jarak jauh.
    Sekian Terima kasih

Komentar