Perangkat-perangkat pada Jaringan Komputer (Internet)

Kali ini saya akan berbicara tetang perangkat-perangkat yang ada pada jaringan komputer. Perangkat pada jaringan komputer merupakan perangkat yang menghubungkan antara lebih dari satu komputer agar antar komputer dapat saling berkomunikasi, selain menghubungkan ada pula perangkat yang berfungsi sebagai Firewall untuk tujuan keamanan. Perangkat-perangkat tersebut memiliki beberapa jenis dan masing-masing jenis memiliki peran tersendiri, macam-macam jenisnya antara lain adalah :

  1. End Devices
  2. Src : pngimage.com
    Merupakan perangkat paling ujung pada Jaringan Komputer seperti PC, Laptop, Smartphone, dll . Perangkat jenis ini mengirim pesan ke perangkat lain dan menerima pesan yang dikirim oleh perangkat lain. Untuk mengenali satu perangkat ke perangkat lain pada Network perangkat ini menggunakan suatu alamat seperti (IP Address, MAC Address) sebagai identitas setiap perangkat.

  3. Intermediary Devices
  4. Merupakan perangkat yang berfungsi menghubungkan antar komputer agar membentuk sebuah jaringan internetwork, perangkat jenis ini juga menyediakan koneksi dan mengalirkan arus komunikasi pada tujuannya. Perangkat ini menggunakan alamat sumber pengirim dan alamat penerima untuk mengalirkan arus komunikasi antar komputer sehingga perangkat ini dapat dikatakan sebagai perantara antar komputer untuk saling berkomunikasi, seperti Switch sebagai jembatan antar banyak komputer untuk berkomunikasi, Router sebagai jembatan antar Jaringan LAN dengan WAN, Wireless Router menyediakan akses ke Internet. Selain itu perangkat ini juga memiliki fungsi lain yaitu :
    • Meneruskan pesan-pesan dari suatu komputer menuju komputer tujuan.
    • Mengelola informasi jalur yang dilwati untuk mencapai suatu network.
    • Memberitahu perangkat lain jika ada kesalahan mengirim pesan atau pesan menjadi rusak karena tabrakan.
    • Memberitahu perangkat lain jika ada jalur yang mati/down.
    • Mengalihkan arus komunikasi ke jalur cadangan jika jalur utama mati/down.
    • Mengizinkan atau melarang suatu arus komunikasi memasuki jaringan.
    Macam-macam Perangkat perantara :
    • Hub

    • Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan banyak Komputer agar dapat saling berkomunikasi, perangkat ini berada pada posisi Layer 1 berdasarkan model referensi OSI Layer. Mode operasi dari perngangkat ini masih Half-Duplex artinya Komputer harus saling bergantian dalam mengirim pesan, jika ada salah satu komputer yang sedang mengirim pesan maka komputer yang lainnya harus menunggu jalur pada hub tersebut kosong untuk mengirim pesan.

      Selain itu ketika ada komputer yang mengirim pesan ke hub maka hub tersebut akan mengirim pesan tersebut kesemua port yang ada pada hub tersebut kecuali pada port yang mengirim pesan tersebut.

      Jika dua atau lebih komputer mengirim pesan secara bersamaan maka pesan tersebut akan rusak karena mengalami tabrakan (collision) sehingga Hub sekarang sudah jarang digunakan karena rawan terjadi tabrakan data.

    • Switch

      Perangkat ini hampir sama dengan Hub tetapi Switch memiliki kemampuan yang lebih canggih daripada Hub karena Switch dapat membaca sebuah alamat MAC pengirim dan penerima dari frame tersebut sehingga switch berada dalam urutan Layer 2 pada model OSI. switch juga memiliki MAC-Address table, tabel ini menyimpan informasi alamat MAC-Address yang terhubung dengan sebuah port pada Switch, hal ini dapat mengurangi terjadinya tabrakan data karena data langsung dikirimkan menuju port yang dituju, tidak seperti Hub yang selalu mem-broadcast frame yang masuk.
      Switch sudah mendukung Full-Duplex yang artinya Switch dapat mengirim dan menerima sebuah data secara bersamaan tanpa merusak data tersebut karena terjadi tabrakan (collision).
      ketika ada frame yang masuk melalui salah-satu port pada Switch, maka switch akan membaca alamat MAC pengirim frame tersebut beserta port dimana frame tersebut masuk, dan data tersebut akan dimasukan kedalam MAC-Address table. Lalu switch akan melihat alamat MAC tujuan frame tersebut lalu meneruskannya pada port yang berdasarkan data pada MAC-Address table, misalnya AAA.AAA.AAA berada di port 1 maka switch akan meneruskannya ke port 1. jika alamat MAC tujuan adalah FFF.FFF.FFF (Broadcast) maka switch akan mengirim frame tersebut pada seluruh port kecuali port dimana frame tersebut masuk kedalam switch. 

    • Router

    • Perangkat ini berfungsi meneruskan sebuah paket dari satu network pada network lain misalnya dari LAN ke WAN, atau menghubungkan antara network yang berbeda seperti LAN dihubungkan pada WAN. Router meneruskan sebuah paket berdasarkan alamat IP pengirim dan penerima paket tersebut, proses meneruskan paket disebut dengan Routing, Router memiliki tabel ARP yang berisi informasi alamat fisik (MAC) dari suatu alamat IP. Router juga memiliki sebuah tabel yang berisi informasi tujuan-tujuan/rute sebuah network dan Gateway/jalur yang harus dilewati untuk mencapai network tersebut yang disebut dengan Routing Table. Router dapat menghitung jalur terbaik pada setiap Rute network dan dapat mengalihkan lalu lintas jika salah satu jalur terjadi kegagalan.

  • Network Medium
  • Arus komunikasi pada Jaringan Komputer mengalir melalui suatu jalan atau medium, jalan atau medium pada Jaringan Komputer dapat berupa kabel atau gelombang elektromagnetik. Jalur pada Jaringan Komputer memiliki jumlah Bandwith atau banyaknya ukuran aliran data yang dapat ditampung oleh Jalan tersebut dalam satu detik. Bandwith menggunakan satuan bit per second atau banyaknya jumlah bit yang dapat dialirkan dalam 1 detik, bisa juga dalam Mega bit per second (Mbps) atau Gigabit per second. Macam-macam medium yang digunakan sekarang ini adalah :
    • Kabel tembaga. Data ditransmisikan melalui kabel tembaga seperti kabel Twisted Pair, Coaxsial, Serial, dll.
    • Serat Optik, medium ini menggunakan cahaya untuk mentransmisikan data, medium ini memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi dan jarak jangkauan yang sangat jauh.
    • Wireless, menggunakan medium ini lebih praktis karena menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mentransmisikan data, kelemahan dari medium ini adalah masih menggunakan mode Half Duplex artinya ketika mengirim dan menerima data harus bergantian tidak bisa berbarengan.

    Komentar