Macam macam tipe LSA pada OSPF

Pada umumnya Dynamic Routing Interior berfungsi untuk mendistribusikan informasi Routing berupa prefix-prefix yang dapat dicapai pada suatu Router pada Router lainnya, prefix merupakan alamat IP Network pada sebuah jaringan/Network, tepatnya 1-3 oktet pertama pada alamat IP tergantung subnet mask misalnya 192.168.23.0/24. Setiap Router akan saling sharing atau berbagi prefix yang dimiliki masing-masing sehingga antar Router dapat saling mengetahui Network apa saja yang berada diluar dirinya.

OSPF merupakan protokol Dynamic Routing link state. Link artinya setiap interface atau Network adapter pada Router, sedangkan state ini adalah status dari Interface Router tersebut seperti alamat IP interface, kecepatan atau teknologi Interface, hingga Router yang terhubung pada interface tersebut, informasi link state ini disebut dengan Link State Advertisment pada OSPF. Jika pada biasanya Dynamic Routing hanya mendistribusikan informasi Routing berupa prefix, dengan OSPF yang bersifat link state yang tidak hanya informasi prefix saja yang didistribusikan atau dibagikan.

LSA atau Link State Advertisment ini merupakan informasi pada protokol OSPF yang berisi status jalur atau interface pada sebuah Router. Antar Router OSPF menggunakan LSA untuk berkomunikasi antar Router untuk sharing informasi Routing yang dimiliki oleh masing-masing Router, sebuah Router akan membuat sebuah LSA lalu LSA ini pertama dikirimkan pada Router terdekat yaitu Router adjacencies lalu Router adjacencies akan memprosesnya dan mengoper LSA itu lagi pada Router sebelahnya lagi, LSA ini akan terus dioper atau diteruskan hingga Router paling ujung. Didalam LSA terdapat beberapa informasi mengenai pengirim LSA tersebut seperti Advertising Router yaitu alamat Router ID yang membuat LSA ini, prefix atau Network yang dimiliki oleh Router pengirim LSA juga terdapat pada LSA ini. Pesan LSA biasanya terdapat pada beberapa paket OSPF seperti paket DBD, paket LSR untuk meminta sebuah LSA pada Router, paket LSU untuk mengirimkan LSA pada Router yang memintanya dengan LSR, lalu pada LSAck.
Informasi yang didapat dari LSA Router dapat membuat sebuah topologi database OSPF yang disebut dengan LSDB (Link State Database) OSPF LSA memiliki beberapa macam yaitu :

  1. LSA Type-1 Router LSA
  2. LSA jenis ini dibuat oleh setiap Router pada OSPF, pada LSA ini berisi informasi data diri Router yang membuat LSA ini. setelah hubungan tetangga OSPF antar Router sudah terbentuk maka Router lokal akan mengirim LSA ini pada Router yang terdekat terlebih dahulu yaitu Router adjacencies (tetangga yang terhubung langsung), lalu Router adjacencies tersebut akan memproses LSA tersebut dan memasukannya dalam LSDB, maka Router adjacencies tersebut memiliki LSA dari Router lokal, kemudian Router adjacencies itu akan kembali membuat LSA tentang dirinya dan LSA Router lokal tadi karena Router adjcencies ini memiliki LSA dari Router lokal, kedua LSA itu kemudian dikirimkan pada Router yang sebelahnya lagi, hal yang sama akan dilakukan Router yang sebelahnya lagi, ini terus terjadi hingga sampai Router paling ujung pada sebuah Area.

    Jadi setiap Router OSPF tidak hanya mengirimkan LSA Type 1 tentang dirinya saja tetapi ketika Router OSPF memiliki LSA dari Router lain maka kedua LSA itu akan disebarkan pada Router adjacencies yang ada di sebelah Router tersebut, seperti yang sudah dibilang sebelumnya LSA Type 1 itu akan terus dioper dari satu Router ke Router lain hingga Router paling ujung pada sebuah Area. 

    Dengan ini setiap Router dalam satu Area dapat mengetahui secara detail informasi setiap Router yang ada didalam area tersebut. Informasi dalam LSA Type 1 ini adalah Router-id yang membuat LSA, Alamat IP interface Router pembuat LSA ini beserta Router yang terhubung pada interface tersebut, tidak lupa prefix-prefix atau Network yang dimiliki oleh Router yang membuat LSA ini. LSA Type 1 hanya akan di-flood atau dioper pada setiap Router yang dalam satu area yang sama saja.

  3. LSA Type-2 Network LSA
  4. Pada jaringan OSPF model multiaccess yang dalam memungkinkan dalam satu link atau Network terdapat Router OSPF lebih dari 2, Setiap Router OSPF akan mengirim LSA-Type 1 pada Router DR dan DR akan mengirim LSA Type 2 pada setiap Router selain DR. LSA Type 2 ini hanya terdapat pada jaringan OSPF multiaccess dan dibuat oleh Router DR setelah Router selain DR mengirim LSA Type 1 pada Router DR. Didalam LSA Type 2 ini terdapat informasi daftar Router-id yang terhubung pada satu Network tersebut. Dengan LSA ini Router dalam satu link tersebut dapat mengetahui siapa saja Router adjacencies yang terhubung pada satu link tersebut. LSA ini tidak akan dikirimkan hingga keluar area

  5. LSA Type-3 Summary LSA
  6. Ketika jaringan OSPF dibagi-bagi menjadi beberapa area, Router OSPF hanya akan mengirim LSA-Type 1 pada Router yang masih dalah satu area yang sama saja, didalam suatu area terdapat Router yang berada pada lebih dari satu area yang disebut dengan Router ABR pada OSPF, Router ABR ini bertugas untuk mendistribusikan informasi prefix yang dimiliki suatu area pada area lainnya. 

    Router ABR akan mengumpulkan informasi LSA Type-1 dari Router-Router yang ada pada suatu area lalu akan kembali mendistribusikan informasi tersebut lagi pada area lainnya dalam bentuk LSA Type-3 , jadi LSA Type 3 ini merupakan informasi LSA yang isinya IP Network/prefix yang berada pada area external, LSA ini dibuat oleh Router ABR, dengan LSA ini Router-Router OSPF dalam satu area dapat mengetahui prefix-prefix yang berada di luar area. Informasi pada LSA Type-3 tidak selengkap dari LSA Type-1 didalam LSA ini hanya terdapat alamat IP Network yang berada diluar area beserta Router-id dari yang membuat LSA ini yaitu Router ABR. Informasi pada LSA Type 3 ini tidak selengkap pada LSA Type 1 seperti alamat IP interface, interface tersebut terhubung dengan Router siapa dll, sedangkan pada LSA Type 3 informasi didalamnya hanya prefix-prefix yang terdapat pada luar area saja

  7. LSA Type-4 Summary ASBR LSA
  8. LSA ini merupakan LSA yang menginformasikan keberadaan Router ASBR pada OSPF, Router ASBR ini merupakan Router yang berada diantara jaringan internal OSPF dengan jaringan external yang menjalankan Routing Protokol lainnya entah itu EIGRP, BGP, dll. Ketika Router ASBR mengirimkan LSA Type-1 hingga Router ABR maka Router ABR tersebut akan membuat LSA-Type 4 dan menyebarkan informasi tersebut pada seluruh area pada jaringan internal OSPF tersebut. LSA ini dibuat oleh Router ABR, isinya hanya alamat Router-ID dari Router ASBR, dan dikirimkan pada setiap area agar Router-Router pada satu jaringan OSPF dapat mengetahui keberadaan Router ASBR yang berperan sebagai penghubung jaringan internal dengan external.

  9. LSA Type-5 External LSA
  10. LSA ini berisi informasi prefix/IP Network yang dapat dijangkau pada luar jaringan OSPF lokal/internal. Pada jaringan lokal OSPF terdapat Router yang terhubung dengan jaringan External yang disebut dengan ASBR, Router ASBR ini mengumpulkan informasi yang berasal dari luar OSPF kemudian meredistribute menjadi informasi OSPF yang berbentuk OSPF Type 5. LSA Type 5 ini dibuat oleh Router ASBR pada OSPF, isinya adalah prefix/IP Network yang dapat dijangkau di jaringan luar atau AS luar, dengan LSA ini Router Router dalam jaringan OSPF lokal dapat mengetahui jaringan yang berada diluar OSPF. LSA ini tidak akan diterima oleh area Stub OSPF. Informasi pada LSA Type 5 ini juga tidak begitu lengkap sama seperti LSA Type 3 hanya terdapat sejumlah prefix yang terdapat pada AS External saja

  11. LSA Type-6 Multicast LSA
  12. LSA ini digunakan saat berada pada jaringan multicast, LSA jenis ini sangat jarang digunakan dan Router cisco tidak dapat membuat LSA jenis ini.

  13. LSA Type-7 NSSA LSA
  14. Pada OSPF terdapat area yang disebut dengan Not So Stubby Area, area ini tidak dapat menerima LSA Type 5 tapi dapat menerima LSA Type 7. LSA ini hampir sama seperti LSA Type 5 yaitu LSA yang berisi informasi prefix/IP Network yang berada di jaringan External atau AS External. LSA Type 7 dibuat oleh Router ASBR yang berada didalam area NSSA, Router ASBR pada area NSSA tersebut akan mengumpulkan informasi yang berasal dari luar jaringan lalu meredisribute informasi tersebut dalam bentuk LSA Type 7 dan disebarkan pada setiap Router dalam area NSSA tersebut, ketika LSA Type 7 sampai pada Router ABR yang terhubung pada area bukan NSSA, maka Router ABR tersebut akan mengubahnya kembali menjadi LSA Type 5 dan menyebarkan LSA tersebut pada area lainnya yang bukan NSSA. Dengan LSA ini Router yang berada di area NSSA dapat mengetahui jaringan atau prefix yang terdapat pada AS External, meskipun area NSSA termasuk area stub yang tidak diizinkan menerima informasi prefix yang berasal dari luar AS.

Komentar