Pengertian trunking pada switch cisco (dot1q)

Sebelumnya saya sudah membahas materi VLAN yang merupakan teknologi pada Switch yang memungkinkan kita membagi satu switch menjadi beberapa broadcast domain yang berbeda. Kali ini saya akan membahas materi kedua setelah VLAN yaitu trunking, apa itu trunking? Kita coba lihat topologi dibawah ini :



Jika kita memiliki dua switch yang masing-masing switch tersebut memiliki VLAN, untuk menghubungkannya kita harus menghubungkannya menggunakan jalur khusus yang disebut dengan Trunk. Singkatnya jalur trunk ini adalah jalur yang dapat dilewati oleh semua lalu lintas dari VLAN manapun, karena jika hanya port switch biasa, hanya dapat dilewati satu VLAN saja.

Terdapat dua protokol trunking yang saya ketahui, berikut ini adalah protokol trunking nya :

  • dot1q (802.1q) : Protokol ini paling sering digunakan karena dapat digunakan pada switch brand apapun.
  • ISL : Sedangkan yang ini merupakan milik cisco, hanya produk cisco yang dapat menggunakannya.

Proses Trunking

Frame data yang akan melewati jalur trunk sebelumnya akan ditandai terlebih dahulu menggunakan protokol trunking diatas (dot1q / ISL) didalam tanda tersebut memuat informasi asal frame tersebut dari VLAN mana, informasi inilah yang digunakan Switch untuk memilah lalu lintas VLAN pada trunk agar tidak tertukar.

Lalu ketika sampai pada ujung jalur trunk atau sampai pada switch sebelahnya, switch yang menerima akan mengecek tanda dot1q frame tersebut dari VLAN mana, kemudian tanda dot1q tersebut dicopot dan frame data tersebut akan dilemparkan ke port switch sesuai VLAN frame data tersebut.

Dot1q Header


Normalnya header frame ethernet adalah seperti dibawah ini ketika sebelum masuk jalur trunk :


Kemudian ini adalah frame ethernet yang sudah terbungkus (encapsulation) dengan protokol dot1q :


Didalam header dot1q memuat beberapa informasi seperti priority yang menunjukan nilai prioritas dari frame data tersebut, dan VLAN-ID yang sudah saya jelaskan sebelumnya untuk menunjukan frame data tersebut berasal dari VLAN mana.

Itu saja yang dapat saya sampaikan untuk posting kali ini, mohon maaf jika kata-kata saya kurang dimengerti.

Komentar